17 Masalah Umum Kerusakan Smartphone yang biasanya terjadi di handphone anda.

Cek ulasan ini, apakah masalah di smartphone anda ada di list berikut:

1. Integrated Circuit (IC) Power

IC Power merupakan perangkat inti mesin ponsel. Gejala kecil pada ponsel bisa berujung pada penyakit paling kronis yang terletak di komponen ini. Jika sudah pada titik ini, ponsel Anda antara hidup dan mati.

Penyebab kerusakan pada IC Power umumnya terjadi karena jaringan listrik pada saat Anda men-charge ponsel tidak stabil dan sering naik-turun. Hal ini disebabkan oleh listrik tegangan tinggi. Jadi buat Anda yang tinggal berdekatan dengan tiang listrik tegangan tinggi, waspadai kerusakan ponsel saat men-charge.

2. Flexi Cable

Umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat. Flexi Cable merupakan penghubung antara mesin ponsel dan LCD. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, LCD pada ponsel akan blank atau mati. Penyebabnya, ponsel sering terkena air dan terjatuh.

3. Driver LCD (Liquid Crystal Display)

Kerusakan pada layar LCD umumnya disebabkan oleh ponsel yang sering jatuh. Hal ini memang biasa terjadi, namun dengan tingkat kerusakan yang berbeda. Jika layar sudah “koma”, sudah pasti driver LCD ponsel Anda, terkena gangguan hebat. Suka atau tidak, Anda harus menggantinya.

4. Driver Lampu


Lampu ponsel tak juga berfungsi, bisa jadi karena ponsel sering terkena air atau lembab. Sarung ponsel dari plastik yang jarang dibuka juga berpengaruh. Minimal buka sarung seminggu sekali untuk memberikan udara segar bagi ponsel Anda.

5. IC Plus

Jika ponsel Anda dilengkapi beragam fitur dan aplikasi, berhati-hatilah.
Pengoperasian menu yang tak sabaran atau semaunya bisa merusak ponsel. Misalnya, sehabis memainkan games, Anda langsung tekan tombol off (End Call), atau tanpa melalui Exit.
Hal ini menyebabkan sistem software yang bekerja sesuai aturan di ponsel ngambek. Alias IC plus pada ponsel terganggu pola kerjanya.
Untuk menghindarinya, ikuti aturan main pada ponsel dengan rajin membaca buku panduan. Hati-hati juga saat menghapus aplikasi pada ponsel. Kerusakan IC Plus bisa juga disebabkan karena aplikasi explorer pada ponsel tak sengaja terhapus.

6. IC RAM

Ponsel dengan memori eksternal ataupun internal rentan terhadap virus pada ponsel. Penggunaan Bluetooth yang sembarangan ketika Anda men-transfer atau men-download data, menjadi jalur yang paling riskan.
Selain ulah virus, kerusakan pada IC RAM juga disebabkan karena memori ponsel Anda jebol. Kapasitas memori tak seimbang dengan jumlah data yang Anda input. Jadi, perhatikan sejauh mana memori ponsel bisa menyiman foto atau lagu-lagu.

7. IC Power Amplifier (PA)

Kinerja IC PA sangat bergantung pada posisi Anda saat menggunakan ponsel. Jika Anda sedang berada dalam gedung, basement, atau sedang di luar kota yang jauh dari lokasi BTS, kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan kurang maksimal.
Nah, jika Anda tidak sedang berada pada kondisi tersebut namun sinyal tetap saja tidak stabil, ini pertanda IC PA ponsel Anda rusak. Penyebab kerusakan masih serupa, yaitu ponsel jatuh, kena air, sehingga IC PA korslet dan terbakar.

8. IC Audio

Jika fungsi audio pada ponsel tidak maksimal, suara telepon jadi tidak berbunyi.
Perangkat ini ada pada speaker atau buzzer (bunyi ringtone). Speaker ponsel tak berfungsi ketika tahanan kaki speaker tidak kencang atau tidak menempel pada mesin.
Untuk memeriksanya, tekan bagian speaker lalu minta rekan Anda menelepon ponsel Anda. Jika speaker masih saja tak berbunyi, saatnya Anda harus mengunjungi pusat reparasi.

9. Keypad

Kotoran yang masuk ke sela-sela keypad adalah biang kerok kerusakan keypad. Jika masih bisa dibersihkan dan keypad berfungsi normal, Anda tak perlu mengeluarkan biaya servis. Tetapi jika IC keypad sudah dimasuki kotoran halus atau cipratan air yang sering mengenai keypad, Anda harus segera memperbaikinya.

10. HANG


Hang biasanya terjadi pada perangkat komputer atau laptop, namun ternyata Hang bisa juga terjadi pada smartphone berbasis android sekalipun. Hang umumnya bisa terjadi disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir bahkan sudah penuh dengan gejala yang ditimbulkan tiba-tiba fungsi pada smartphone macet, proses apapun tiba-tiba tidak bisa dijalankan, menu-menu tidak berfungsi dan layar sentuh ponsel android menjadi tidak berfungsi untuk waktu yang cukup lama.
7 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Solusi Tips Cara Mengatasinya


Cara solusi yang bisa Anda terapkan adalah menghapus beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan bisa dibuat alternatifnya (misal aplikasi facebook dan twitter bisa melalui browser). Cara lain untuk mengurangi kapasitas momori internal adalah dengan memindahkan aplikasi-alikasi yang terdapat pada smartphone android ke kartu memori eksternal (microSD). Sedangkan untuk menambah kapasitas RAM bisa dengan teknik SMAP MEMORY (Menambah kapasitas RAM yang juga dengan bantuan memori eksternal) yang nantinya bisa mengurangi RAM perangkat android yang kepenuhan.

11. BOOTLOOP


Kalau perangkat smartphone android tiba-tiba macet itu sering disebut dengan Hang maka kalau perangkat smartphone tiba-tiba macet lalu merestart dengan sendirinya ini sering disebut BOOTLOOP. Masalah BOOTLOOP ini sendiri terbagi tiga jenis berdasarkan tingkatan masalahnya


A. SOFT BOOTLOOP

Soft BOOTLOOP terjadi ketika smartphone android yang diaktifkan pada saat awal berjalan seperti biasa dan masuk ke homescreen, tetapi tidak lama berlalu tiba-tiba terjadi Hang kemudian smartphone merestart dengan sendirinya.

B. MEDIUM BOOTLOOP

Agak sedikit berbeda dengan jenis BOOTLOOP yang pertama, pada Medium BOOTLOOP saat perangkat smartphone android diaktifkan pada saat awal berjalan harusnya smartphone menuju homescreen namun yang terjadi perangkat android tidak bisa masuk ke homescreen melainkan hanya terhenti di bootanimation. Namun masih bisa masuk ke Recovery Mode maupun Download Mode


11. HARD BOOTLOOP

Inilah jenis BOOTLOOP yang paling parah. Dimana pada kondisi Hard BOOTLOOP perangkat smartphone android ketika mulai diaktifkan hanya sampai di logo vendor saja tidak bisa masuk ke bagian Recovery Mode melainkan hanya bisa masuk pada bagian Download Mode saja.


Ketika jenis BOOTLOOP diatas sangat jarang terjadi. Namun umumnya BOOTLOOP bisa terjadi karena pada saat merubah atau mengutak-atik sistem pada perangkat smartphone android terjadi kesalahan . Tips untuk mengatasi masalah BOOTLOOP adalah dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan pengaturan pada smartphone android Anda ke pengaturan awal atau pabrik.

12.  STUCK


Kondisi smartphone yang macet pada bagian bootlogo, bootsplash, atau di bootanimation itu disebut dengan STACK dan penyebabnya mirip dengan BOOTLOOP yang sudah kami sebutkan di atas yaitu pengguna yang salah saat mengutak-atik pengaturan pada sistem smartphone androidnya. Pada masalah ini Anda cukup dengan mencopot baterai smartphone (tidak berlaku untuk smartphone yang baterainya tidak bisa dibuka), kemudian baterai dipasang lagi dan ponsel diaktifkan. Namun bila cara ini juga tidak berfungsi maka cara terakhir adalah melakukan Factory Reset (Mengembalikan pengaturan pada smartphone android Anda ke pengaturan awal atau pabrik)

13. IMEI HILANG


Kondisi saat mengecek imei biasanya menekan *#06# di papan dial, ternyata muncul imei nomor 0 semua.

14. LAYAR BLANK PUTIH


Dari namanya sudah bisa ditebak apa permasalahannya, perangkat memang berjalan seperti biasa seperti suara yang masih terdengar, mode getar berfungsi namun layar pada perangkat smartphone android betul-betul bank putih. Kondisi ini memang tergolong pada masalah berat karena sudah merusak LCD smartphone. Salah satu penyebabnya adalah baterai smartphone terlalu panas sehingga dapat merusak bagian LCD, bisa merusak bagian dalam handphone android Anda. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dasar maupun alat yang lengkap memperbaiki smartphone yang rusak maka saran kami solusinya dengan membawa ke service center dan minta untuk mengganti LCD jika memang LCD sudah tidak layak digunakan.

16. BRICK


Suatu keadaan dimana perangkat smartphone android sudah tidak bisa dinyalakan sama sekali itu disebut dengan BRICK. Menurut tingkat masalahnya BRICK terbagi menjadi dua yaitu:


A. SOFT BRICK

BRICK yang pertama suatu keadaan tidak bisa masuk ke recovery mode maupun download mede bahkan perangkan smartphone sudah tidak dapat dinyalakan kembali. Biasanya penyebabnya adalah overclock yang sangat tinggi atau gagal flashing.

Sebagai catatan, pada saat diisi daya masih ada tanda-tanda kehidupan pada smartphone android Anda, maka lalukan Factory Reset dengan menggunakan bantuan PC atau kalau masih ragu bawa ke Servis Resmi ponsel Anda.


B. HARD BRICK

BRICK yang kedua ini biasanya terjadi akibat ketidak sengajaan pengguna smartphon, misalnya tercebur ke air (bak air atau kolam renang), bisa juga akibat jatuh dari ketinggian dan faktor penyebab lainnnya yang mengakibatkan mesin atau sistem yang ada di dalamnya rusak total. Solusi yang perlu Anda lakukan adalah denga cara membawa smartphone android Anda ke Servis Center resmi smartphone pabrik dan biaya yang akan dikeluarkan cukup t nggi karena akan mengganti hardware yang rusak dan kerusakan ditimbulkan oleh si pengguna ponsel.

17. SDCARD TIBA-TIBA HILANG / RUSAK


Anda mungkin sering memindah-mindahkan kartu memori ponsel Anda ke perangkat lain seperti komputer dan pada saat microSD dimasukkan kembali ke smartphone android Anda muncul pesan yang berisi memory card tidak bisa terbaca atau tak terdeteksi. Penyebab utama dari masalah ini adalah karena Anda sering mencabut kartu memori dari satu perangkat keperangkat lainnya

Itulah beberapa kerusakan umum yg sering terjadi di Smartphone anda.

Untuk yang berada di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan bisa langsung hubungi kami untuk service hp anda.

Untuk Info Lokasi & No Telp Service Handphone Banjarmasin, Klik Info Service Handphone Banjarmasin